Selasa, 01 Juli 2008

e-business component


e-business encompasses

  1. e-commerce : kegiatan menjual barang dan jasa melalui internet. seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, sperti customer service, produk yang tersedia,cara pembayaran, jaminan produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya. seluruh definisi pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi) subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
  2. business to business : merupakan e-commerce yang berisi antara dua prusahaan (entiti bisnis). transaksi antar perusahaan biasanya dilakukan berulang-ulang dan dalam ukuran yang besar
  3. business to consumer : istilah lain dari e-shopping mall. dimana setiap pembelanjaan menggunakan media internet.
  4. costumer relatinship management: strategi bissnis yang hasinya diharapkan akan mengoptimalkan tingkat keuntungan pendapatan dan kepuasan pelanggan. hal ini dilakukan dengan cara mengorganisasikan segmen-segmen pelanggan, mengarahkan organisasi agar berorientasi kepada pemuasan pelanggan dan mengimplementasikan proses bisnis yang berfokus kepada pelanggan.
  5. supply chain management : perancangan desain dan kontrol arus material dan informasi sepanjang rantai pasokan dengan tujuan kepuasan konsumen sekarang dan di masa depan.
  6. supply chain planning
  7. business intelligence : suatu cara sistem informasi untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi untuk membuat keputusan.
  8. knowledge management : sistem perangkat lunak yang membantu user untuk melakukan pengumpulan, pengorganisasian, pengaturan, dan berbagi tentang jenis informasi yang berkaitan dengan suatu pekerjaan.
  9. collaboration technologies
  10. available to promise
  11. EDI dan E-mail were precursors

Tidak ada komentar: